Polresta Pekanbaru dan Jajaran Gelar Operasi Tertib Ramadhan Lancang Kuning 2023

PEKANBARU (KPN) – Terhitung sejak tanggal 23 Maret – 16 April 2023, Polresta Pekanbaru dan jajaran akan menggelar Operasi Cipta Kondisi dengan sandi ‘Tertib Ramadhan’.

Dikatakan Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Dr Pria Budi S.I.K bahwa tujuan giat tersebut adalah untuk menciptakan suasana kondusif disaat umat muslim khususnya masyarakat Pekanbaru yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

Bacaan Lainnya

Dalam pelaksanaan Operasi Tertib Ramadhan 2023, Polresta Pekanbaru menghadirkan 11 Pos Pengamanan yakni Sudirman Trade Center (STC) Jalan Sudirman, Mall SKA Jalan Soekarno Hatta, Simpang BPG Jalan Hang Tuah, Pasar Rumbai Pesisir Jalan Khayangan, Pasar Wisata Senapelan, Pos Gurindam 3 Jalan Sudirman, Pasar Cik Puan Jalan Tuanku Tambusai, Pelabuhan Sungai Duku, Senapelan Plaza Jalan Teuku Umar, Pusat Perbelanjaan Hawai Jalan Durian dan belakang halte PCR Jalan Yos Sudarso.

Adapun upaya yang dilakukan diantaranya polisi akan melakukan upaya edukasi serta pendekatan kepada seluruh masyarakat guna terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif. Dan diharapkan dapat memberikan rasa aman dan perlindungan kepada masyarakat selama pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan.

Tidak hanya itu, di bulan Ramadhan memang identik dengan kenakalan remaja seperti Asbuh (Asmara Subuh) yang tak jarang berujung menjadi penyebab tawuran hingga balap liar khususnya diwaktu subuh yang tidak sedikit menimbulkan korban jiwa.

Dari kebiasaan-kebiasaan yang muncul tersebut, polisi akan benar-benar hadir di tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman dibulan suci Ramadhan di jam-jam rawan dengan menempatkan personil Bhabinkamtibmas di setiap masjid dan personil di lokasi rawan kejahatan.

Lebih jauh, patroli jelang Hari Raya Idul Fitri juga nantinya akan dilaksanakan, seperti diketahui banyak rumah yang kosong lantaran ditinggal mudik ke kampung halaman. Kerjasama warga setempat sangat dibutuhkan, selain Polisi juga melakukan patroli, masyarakat juga diharapkan bisa memberi informasi terhadap orang yang mencurigakan atau kegiatan-kegiatan yang meresahkan.

“Giat ini kita laksanakan guna membuat masyarakat Pekanbaru khusuk dalam melaksanakan ibadah puasa. Operasi sebagai antisipasi meningkatnya tindak kejahatan seperti kenakalan remaja, pencurian, bongkar rumah dan perampokan lainnya, baik dipusat keramaian, toko hingga para nasabah bank. Silahkan seluruh masyarakat untuk berkoordinasi dengan Kepolisian terkait pengamanan dan pengawalan jika hendak membawa uang dalam jumlah besar, tentunya pelayanan tersebut gratis,” tegas Kombes Pria Budi.

 

(ES/HPP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *