Terima Penghargaan Universal Health Coverage, Pemkab Wajo Komitmen Raih Kembali Status UHC Tahun 2023

Kabar Publik News || Pemerintah Kabupaten Wajo kembali mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Kali ini, Kabupaten Wajo mendapatkan penghargaan Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Wakil Bupati Wajo, Amran mewakili Pemkab Wajo menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada acara Penyerahan Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kepada Pemerintah Daerah yang digelar di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Gufron Mukti, Para Pejabat Kementerian, Gubernur, Bupati, Walikota serta undangan lainnya.

Amran yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Wajo, Fauziah Firman menyampaikan bahwa penghargaan tersebut diberikan karena Pemkab Wajo berhasil meraih status UHC pada tahun 2022 lalu.

Partner kerja Bupati Wajo, Amran Mahmud ini berharap agar penghargaan ini bisa menjadi semangat untuk terus mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional bagi masyarakat Indonesia.

“Untuk tahun 2023 ini, kita sementara berupaya kembali meraih status UHC. Karena keterbatasan APBD, kita berusaha untuk mendapatkan dukungan baik melalui pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,” ucap Amran usai mengikuti kegiatan.

Amran menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan dengan Pemkab Wajo melalui OPD atas sinergitas yang terjalin selama ini. “Semoga tahun 2023 ini kita bisa meraih kembali status UHC. Meski demikian kita tetap berupaya memprioritaskan untuk mendaftarkan masyarakat yang akan membutuhkan layanan kesehatan untuk didaftarkan sebagai penerima bantuan iuran,” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah konsisten mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan salah satu program prioritas nasional.

“Khususnya dalam mengintegrasikan Jaminan Kesehatan Daerah ke dalam program JKN serta meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, sebanyak 22 Pemerintah Provinsi dan 334 Pemerintah Kabupaten/Kota diserahi penghargaan UHC Award 2023, termasuk Pemerintah Kabupaten Wajo.(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *