Presiden Jokowi Tekankan Pembangunan Infrastruktur IKN Harus Perhatikan Lingkungan

Balikpapan (KPN) – Presiden Joko Widodo menekankan bahwa pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) harus memperhatikan faktor lingkungan. Hal tersebut disampaikan dalam keterangannya usai meninjau proyek pembangunan Jalan Tol IKN Segmen 3B, Ruas Kariangau – Sp. Tempadung, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu, 22 Februari 2023.

“Karena konsep kota yang ingin kita hadirkan di Ibu Kota Nusantara adalah konsep lingkungan, sehingga sekecil apapun yang berkaitan dengan lingkungan itu harus diperhatikan,” ucap Presiden.

Bacaan Lainnya

Menurut Presiden, dirinya akan secara tegas memberi teguran jika ditemukan aktivitas pembangunan yang tidak memperhatikan lingkungan. “Saya pastikan pasti akan saya tegur, karena konsepnya sekali lagi adalah konsep lingkungan,” tegasnya.

Dalam kesempatan terpisah, Danis Sumadilaga, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN menjelaskan bahwa jalan tol yang menghubungkan Balikpapan dengan kawasan inti IKN direncanakan akan dibangun sepanjang 47 KM. Jalan tol tersebut juga akan dilengkapi dengan terowongan bawah laut.

“Rencana awal, kita akan membangun sepanjang 47 km dengan ada immersed tunnel (terowongan bawah laut) sepanjang kurang lebih 1,5 km,” jelas Danis.

Danis pun berharap proyek pembangunan jalan tol IKN tersebut dapat berjalan dengan baik dan selesai sesuai target yang telah ditentukan. Ia juga berharap dukungan dari masyarakat sekitar untuk pembangunan jalan tol tersebut.

“Sehingga cita-cita kita membangun IKN mengawalinya dengan akses yang baik dapat terlaksana,” ucap Danis.(DH)

Balikpapan, 22 Februari 2023
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Website: https://www.presidenri.go.id
YouTube: Sekretariat Presiden

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *