1065 Siswa SMP Negeri 8 Denpasar Ikuti Upacara " Sisya Upanayana"


Kabar Publik News||DENPASAR, Jumat 9 Agustus 2019

SMP Negeri 8 Denpasar Bekerja Sama PSN Korda Denpasar melalui Kerlap PSN Denpasar Timur  Melakukan Ritual Sisya Upayanya

Ketua Korlap Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Denpasar Timur  Drs. I Wayan Budiasa, M.Si., menyebut tujuan digelarnya ritual ini merupakan rangkaian penerimaan siswa baru, dimana siswa sudah dinobatkan atau pengesahan dari calon peserta didik  menjadi peserta didik.


" Sisya Upanayana merupakan upacara seperti pewintenan atau pembersihan.  Tujuan kegiatannya tiada lain memohon ijin atau restu kehadapan Ida Hyang Widhi dalam hal ini manifestasinya sebagai Dewi Saraswati, dan memohon anugerah secara lahir dan bathin, agar selalu mendapat perlindungan dari beliau," jelasnya, disela-sela rangkaian upacarau sedang berlangsung, Jumat (9/8).

Selain itu, tujuan lainnya untuk membersihkan dan mempertajam pikiran peserta didik agar apa yang menjadi harapan lebih cepat mampu menyerap ilmu dalam menuntut ilmu di Sekolah.

"Kami berharap dengan diselenggarakan ritual seperti ini agar terwujud generasi berkualitas, berbudi pekerti, sopan, dan yang lebih dikedepankan menumbuhkan pendidikan karakter pada siswa," ungkapnya.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 8 Denpasar I Wayan Murah, S.Pd.,
mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini sudah rutin digelar, untuk mengawali tahun pelajaran baru dan menghormati kearipan lokal "matur piuning".

Disebut Murah, tujuannya tiada lain untuk mempersiapkan peserta didik  lahir bathin atau Wahya adyatmika, ketika siswa-siswi siap secara lahir bathin, totalitas melakukan  pembelajaran pasti hasilnya lebih baik.

"Kami berterima kasih kepada orang tua siswa dan PSN, karena kegiatan ini merupakan inisiasi dari ketua Komite Sekolah, kedepan ritual seperti ini akan terus dilanjutkan," tandasnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua Komite SMPN 8 Denpasar Drs. I Ketut Sutrawan mengungkapkan kegiatan seperti ini merupakan suatu hal yang baik, dimana kegiatan ini sudah diakui oleh PHDI dan prosesnyapun  tidak begitu lama hanya satu hari.

"Menurut Kami, ini suatu kegiatan untuk meningkatkan taksu Bali, yang harus kembali dipertahankan, kegiatan hari ini dihaturkan kehadapan Dewi Saraswati yang berparas cantik dan menarik, begitu pula taksu Bali yang menarik dan semoga apa yang dicita-citakan siswa bisa terwujud," tegas.(INN.W)
Copyright © Kabarpubliknews. Designed by Dedduy Buntunk