Peduli Lingkungan, Ini Cara yang Dilakukan Dandim 0736/Batang



BATANG - Mengisi akhir pekan, Dandim 0736 Batang berserta jajarannya bersama Perhutani KPH Pekalongan Timur, BPBD Batang, Muspika Bawang, komunitas pecinta alam dan Komunitas Trail melakukan aksi peduli lingkungan dengan penanaman pohon, Sabtu (16/2).

Petualangan aksi sosial peduli lingkungan itu dilakukan dengan menyusuri sepanjang jalan terjal di lereng Gunung Prau Kecamatan Bawang perbatasan Kab. Banjarnegara. 

Dandim 0736 Batang, Letkol Kav. Henry RJ Napitupulu mengatakan aksi sosial peduli lingkungan ini sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam khususnya di lereng gunung. 

"Kegiatan ini akan kita lakukan terus di seluruh wilayah Kabupaten Batang. Menjaga alam menjadi tanggung jawab kita, sebab alam telah memberikan manfaat bagi kehidupan," katanya.  

Disampaikan, kegiatan aksi sosial peduli lingkungan berupa Trabas, panjat tebing, karya bhakti dan tanam pohon ini berjalan selama 2 hari. 

"Dengan jarak tempuh sepanjang 30 kilometer menyusuri lereng gunung. Ternyata asyik juga menyusuri jalan terjal bersama kawan-kawan dari berbagai komunitas," terangnya. 

Kepala Pelaksana BPBD Batang, Ulul Azmi AP. MM mengatakan di Kabupaten Batang ada 8 lokasi titik rawan bencana alam berupa tanah longsor, salah satunya di wilayah Kecamatan Bawang ini. 

"Sedangkan wilayah lainnya yakni di kecamatan Blado, Tersono, Wonotunggal, Bandar, Reban, Gringsing dan Banyuputih. Aksi sosial peduli lingkungan penanaman pohon ini sangat baik demi keseimbangan menjaga kelestarian alam," tandasnya. 

Adm. Perhutani KPH Pekalongan Timur, Joko Santoso menambahkan bibit pohon yang ditanam ada sebanyak 1500 bibit. Jenisnya pohon Puspa dan Damar. 

"Tanaman itu cocok hidup di ketinggian 2000 mdpl. Sehingga bibit pohon yang kita tanam menyesuaikan tingkat ketinggian lokasi," imbuhnya. (***)
Copyright © Kabarpubliknews. Designed by Dedduy Buntunk